Mendahulukan Orang Lain dalam Beribadah

mohon-isi-shaf-terdepan-lebih-dahulu_1458_lOrang Indonesia terkenal karena ramahnya, bahkan hingga ke seluruh dunia. Budaya sungkan dan mendahulukan yang lain masih begitu kentara di sebagian besar masyarakat kita.

Tapi hal ini tidak berlaku untuk urusan ibadah kepada Allah. Sebagai contoh, ketika mengisi saf shalat berjamaah, ada beberapa jamaah yang mempersilakan orang lain untuk mengisi barisan kosong di depan. Padahal jika mereka tahu, di zaman Nabi saw saja para sahabat saling berebut untuk mengisi saf terdepan, bahkan ada yang saling mengundi agar bisa berdiri di sana.

Itulah mengapa anjuran shalat juga mengajari kita untuk saling menghormati dan serendah mungkin menghilangkan sifat sombong dalam diri. Sesiapa yang telah dulu tiba di masjid, maka dialah yang berhak mengisi saf terdepan, tidak peduli tukang parkir, padagang asongan, menteri atau presiden sekalipun. Semua sama di hadapan Allah.

Masih ingat dong ya bagaimana kita dulu diajari di TPA tentang tingkatan-tingkatan pahala dalam saf shalat berjamaah. Saf pertama pahalanya seperti berkurban seekor unta, saf kedua berpahala seekor domba, dan seterusnya hingga saf terakhir dalam shalat berjamaah. Jadi, tak ada alasan bagi kita untuk mendahulukan orang lain dalam beribadah.

Seperti yang disampaikan Azzam kepada Fadhil dalam novel fenomenal KCB, “bahwa mengutamakan orang lain dalam mendekatkan diri kepada Allah atau dalam hal ibadah itu hukumnya makruh.”

Dan salah kaprah semacam inilah yang kerap terjadi di masyarakat kita. Mengutamakan orang lain dalam hal muamalah adalah dianjurkan, tapi tidak untuk hal ibadah. Tidak hanya dalam shalat saja, juga dalam ibadah lain, termasuk menikah.

Sihhiy, ngomongin menikah. Pembahasan selanjutnya saja ya…! Hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s