Bebersih

Bauhinia blakeana tree flower

Orang yang tidak mandi seharian, baunya sama seperti orang yang tidak mandi seminggu. Orang yang tidak sikat gigi seharian, baunya sama seperti orang yang tidak sikat gigi seminggu. Orang yang tak keramas seharian, baunya sama seperti orang yang tidak keramas seminggu.

Artinya?

Ya sama-sama bau lah!😀

Bukan, maksud saya begini. Orang lain tidak akan menyadari bahwa orang itu tidak mandi seharian, padahal mungkin dia sudah mogok mandi seminggu lamanya. Orang lain mungkin hanya bisa merasakan baunya saja, sedangkan rasa gatal atau lengket-lengket hanya orang yang tidak mandi saja yang bisa merasakan.

Dan, jika perilaku ini dibiarkan hingga berminggu-minggu, maka si pelaku tidak akan merasakan perbedaan antara belum mandi sehari atau belum mandi seminggu. Entah karena hidungnya yang kebal, atau kulitnya sudah penuh kuman sehingga tak peka lagi.

Lalu, perkara paragraf pertama di atas itu bisa diibaratkan dengan kita berbuat dosa. Padahal setiap hari, setiap menit, setiap saat kita berbuat dosa. Jadi bisa dibayangkan betapa kotornya diri kita. Makanya, rasa dosa sehari itu bisa saja sama seperti dosa seminggu. Dan jika terbiasa, maka kita tak akan bisa merasakannya lagi. Seolah sudah biasa kotor.

Karena itu ada sebuah mekanisme pembersihan diri lima kali sehari, yaitu shalat. Sebelum shalat saja kita sudah disuruh bersuci terlebih dulu dengan berwuduk. Sehingga shalat pernah diibaratkan seperti ini, ada sebuah sungai di depan rumah kita dan setiap hari kita mandi di sana lima kali sehari, bisa dipastikan tubuh kita akan bersih dan segar.

One thought on “Bebersih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s