Balikan…oh, Balikan

Ada temen yang nanya, “Kenapa sih harus balikan sama mantan?”

Aslinya saya nggak tahu jawabannya karena saya ngak pernah punya mantan dan saya (tentu saja) nggak pernah balikan sama mantan, yang otomatis pula saya nggak punya alasan atau sebab kenapa harus balikan sama mantan. Ah, ribet banget sih bahasanya.

Iseng saya tanyakan lagi pertanyaan yang sama kepada teman saya yang lain, “Kenapa sih harus balikan sama mantan?”

Tanpa diduga sebelumnya, saya mendapatkan sebuah jawaban yang mencengangkan. Teman saya itu dengan santainya menjawab, “Ya memang harus balikan sama mantan, nggak mungkin kan balikan sama orang baru.”

Akhirnya saya mikir, kayaknya emang bener deh, nggak mungkin kan balikan sama yang baru, pasti balikannya harus sama mantan.

Hahaha, cerita di atas sekadar intermeso saja.

Sebenarnya ketika sebuah hubungan itu belum terikat pernikahan, segala hal bisa terjadi. Sedang yang sudah menikah saja kadang dengan gampangnya kawin-cerai-rujuk, apalagi pacaran yang intinya cuma main-main atau coba-coba.

Terkadang pun alasan putus tidak sepenuhnya masuk akal. Hanya karena cemburu berlebihan atau kurang perhatian, maka dengan tergesa memaksakan diri untuk putus. Beberapa hari kemudian ketika pikiran kita sudah waras, baru kepikiran lagi keputusan bodoh yang sudah kita buat. Akhirnya, balikan adalah satu-satunya cara.

Mungkin untuk mengeliminasi keraguan, ingat sajalah kebaikan dia, ingat hal-hal baik yang pernah dilakukan, lalu hitung-hitung lagi dan bandingkan dengan keburukan yang diterima. Jika memang dalam hubungan itu lebih banyak baiknya, maka teruskan. Dengan catatan harus banyak bersabar atas segala cobaan. Sementara jika dalam hubungan itu hanya semakin menyusahkan kita, maka putuskanlah. Life must go on.

Leave a Reply

