Solok I’m in Love #5

Diatas Lake, Alahan PanjangLake_Diatas_in_Alahan_Panjang_by_Irsan.113102622_large

Kali ini aku hanya ingin berbicara tentang biru. Ya, pernah kutemukan biru di Solok, beberapa kali. Seperti tembang Sebelum Cahaya yang pernah membiru di hatiku. Untung saja, tak terlalu lama biru itu memudar dan hilang begitu saja dari sana. Mungkin saja tenggelam di Danau Diatas yang biru.

Akhirnya, lumba-lumba biru itu pun bertemu dengan paus biru. Entah biru atau sangat biru, buatku itu tampak seperti kelabu. Ah, mungkin saja mataku yang kian lamur sehingga sulit membedakan biru dan kelabu. Jangan marah ya, paus kelabu itu akan selalu menjagamu, bahkan dari gangguan ganggang biru sepertiku. Aku akan pergi menjemput biru yang lain. Semoga saja kalian semakin membiru, atau justru mengelabu(i).

Continue reading

Tentang kata-kata

istanapagaruyung

Istana Pagaruyung

Ada sebuah pelajaran penting dalam perjalanan saya kala itu ke Pagaruyung. Dalam suatu kesempatan, saya diajak oleh sesorang yang saya panggil ‘Mom’ untuk menemani suaminya pergi penyuluhan ke suatu daerah di Tanah Datar. Sayangnya, saya lupa nama daerahnya. Yang saya ingat hanya jalannya yang berliuk-likuk macam ular di tengah area persawahan. Tahun 2006, tahun agak suram bagi saya. Yah, itung-itung perjalanan ini buat paubek ati, palarai damam…Smile

Sembari menunggu si bapak selesai penyuluhan, kami berinisiatif untuk mengunjungi beberapa situs budaya di daerah bekas kerajaan Pagaruyung ini. Tentunya mengunjungi Istana Pagaruyung yang terkenal itu.

Salah satu tujuan kami adalah ke sebuah rumah gadang di daerah Sungayang. Konon di sana tersimpan sebuah batu yang bisa meramalkan nasib seseorang. Ah, penasaran juga sepertinya untuk mencoba. Nama batu itu adalah batu angkek-angkek.

Angkek dalam bahasa Minang berarti angkat. Sejarahnya,

Continue reading

Pelajaran Berbau Pesing

Sekedar catatan menjelang tidur. Tidak disarankan juga yang mau tidur buat baca ini…^^

***

DSC00202Seperti biasanya, kebiasaaanku menjelang tidur adalah buang air kecil, gosok gigi, cuci muka, cuci kaki, cuci baju….(mmm, yang terakhir ini nggak ding. Ngapain juga nyuci baju menjelang tidur, siap-siap aja saya nanti ngimpi basah. Lho?) Sukur-sukur sekalian wudhu, karena katanya kalo kita tidur dalam keadaan suci, maka akan ada malaikat yang menjaga tidur kita di empat penjuru. Tuh, mancaps kan…!^^ baik-baik banget tuh malaikat mau jagain kita kan…hmmm

Begitu masuk kamar mandi, saya mencium sesuatu yang khas. Tentunya khas aroma kamar mandi, kalo nggak seputar bau tumpukan kain kotor, rendaman dua minggu, atau aroma….pesing. Nah, opsi terakhir inilah yang saya temui kali ini.

“Alamak, ini orang lupa nyiram atau gimana lah, kok bisa-bisanya baunya itu mirip WC terminal. Hadueh, puyeng.”

Akhirnya,

Continue reading

Ciri-Ciri Orang Bersyukur

sujud-01

Picture taken from here

Seperti biasanya, di hari jum’at yang sejuk ini aku meringankan langkah mengayunkan tangan menuju masjid idaman para mahasiswa, Masjid At-Ta’lim Sendik BRI. Alasannya, hari ini sejuk dan tak mendung, jadi tak khawatir kehujanan ketika pulang nanti.

Shaf pertama masih kosong ketika aku memasuki ruangan masjid dan kembali berjumpa dengan seorang bapak yang selalu ada di sebelah paling kanan shaf pertama. Aku sellalu ingat senyum sumringahnya ketika kuajak bersalaman. Hmm… sungguh sebuah ukhuwah yang indah.

Sengaja kali ini aku tak makan sebelum jum’atan, selain belum masak nasi, aku juga tak ingin melewatkan khutbah kali ini hanya karena mengantuk lantaran perut sudah nyaman terisi. Padahal sedari dhuha tadi perutku sudah menabuh genderang perang. Lapaaar….!!!

Continue reading

Solok I’m in Love #4

IMG_1469

Entah kenapa Solok begitu memesona bagiku. Tentunya selain gadis-gadis Solok yang diam-diam menghanyutkan, alamnya yang menakjubkan, juga kantor DPRD-nya yang keren. ^^

Setiap perjalanan melalui ataupun singgah di Solok selalu membuat debaran tak menentu di dalam jantungku. Mengacaukan sedikit ritme sistol dan diastol tekanan darahku. Seperti ketika akan menuju Sijunjung untuk menghadiri pesta pernikahan teman sesama ATS Unand, baru saja melalui Sitinjau Laut dan memasuki gerbang Kabupaten Solok saja dudukku sudah tak tenang. Bukan karena bisul menyerang atau aku lupa ‘bongkar muat’ sebelum berangkat, tapi tetap saja terasa tak nyaman.

            -Photo Wedding Shinta @Sijunjung-

 

Menginjakkan kaki di Kota Solok membuat aku tersenyum-senyum sendiri. Untung saja aku tersenyum dalam hati, jadi teman-temanku tak ada yang curiga. Begitu turun dari mobil yang kami rental, aku seperti mencium sesuatu yang tak asing di sini. bukan aroma ketiak atau ada yang lupa gosok gigi. Aku menghirup nafas dalam-dalam tanpa menutup mata karena bisa-bisa ketabrak ojek motor yang lewat.

Continue reading

My Milad 24 (Ode)

24b

Alhamdulillah, telah bertambah dengan selamat usiaku di dunia.

Inalillah, telah berkurang dengan selamat pula umurku di dunia.

————————————————————

Berikut ini adalah bentuk apresiasi dan perhatian dari teman-teman yang telah tulus memberikan kata-kata indah di hari bahagia (sekaligus sedih) ini. Semoga segala kebaikan selalu tercurah bagi teman-teman.

Simak saja….!

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

 

Continue reading