Pringgadani

Akhirnya terkuaklah satu lagi rahasia hati, apa itu Pringgadani. Dulu nama ini saya pakai sebagai nama pena, tapi ditinggalkan lantaran tak banyak lidah orang yang pandai mengucapkannya dan sangat sulit dituliskan. Terkadang orang malah sering menyebutnya dengan Pringadi. Hadueh…!

Sebenarnya pengambilan nama ini terinspirasi dari sebuah lagu yang berjudul sama. Lagu ini dipopulerkan oleh Ian. tapi bukan Ian antono.

 ian

Judul Album : Pringgadani
Penyanyi : Ian
Tahun Produksi : 2002
Produser : Lusman & Ricky FM
Produksi : Aquarius Musikindo

IAN adalah vokalis PROTONEMA generasi kedua. Seperti vokalis band lain yang sukses bersolo karir, Ian juga nampaknya menginginkan hal itu. Album pertamanya ini diproduseri LUSMAN rekannya sesama Protonema bersama RICKY FM. Ian mencoba berbeda dengan Protonema. Lagu andalam dipilih sebuah lagu berjudul WANGI BUNGA, dengan videoklip digarap serius dan sangat futuristic. Tapi sayang, album ini kurang mendapat sambutan.

Tapi saya sangat suka sekali lagu-lagu di album ini, seperti mendengarkan lagu-lagu lawas milik Five  Minutes. Mungkin karena sebagian besar lagu ini digarap oleh Ricky FM, maka rasa album ini pun mirip rasa album Five Minutes kebanyakan. Dan dari lagu Pringgadani lah kemudian saya mengambilnya sebagai nama pena.

Tapi, sebenarnya Pringgadani adalah nama kota dimana terdapat seorang ksatria jaman pewayangan yang tiada tanding bernama Gatutkaca. Sejarah singkatnya, Gatotkaca dipaksa menjadi dewasa dalam waktu singkat, bayi Dewi Arimbi ini dimasukkan dalam Kawah Candradimuka dan dengan kesaktian para dewa, lahirlah Gatotkaca dalam wujud ksatria tanpa tanding.

gatutkaca

Tapi, meskipun Gatotkaca berwujud orang dewasa, dia tetap berpikiran seperti anak-anak. Terbukti dia melibas musuhnya tanpa pikir panjang dan kerap melampiaskan amarahnya ketika kesal. Tapi dia begitu penurut, terutama kepada Prabu Kresna.

Dan, alasan memilih nama pringgadani adalah keinginan kuat untuk menjadi sebuah nama yang kelak dikenang seperti orang mengenal Gatotkaca di sana. Saya ingin nantinya orang tahu bahwa di dalam pringgadani ada sesosok Mas Adi III atawa Retno Adjie yang jadi juaranya. Ini impian dan harapan, bukan menjadi terkenal, tapi dikenal dan jadi inspirasi. Semoga.

Amiin.

4 thoughts on “Pringgadani

  1. anopbudi says:

    gan..ane jaman dulu juga suka lagu ini..waktu masih SMA..
    kalo bisa cari full album nya donk..bwt donlod..
    ane nyari kemana2 cm dapat 7 lagu..belum full..
    mksh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s