Khutbah Jumat Kala Itu

Empat jenis manusia

Lagi-lagi, saya terkesima dengan khutbah jum’at kali ini. Singkat tetapi padat dan sedikit membuat kantuk. Hehe…

Kali ini, sang khotib membawakan sebuah perkataan yang dilontarkan oleh seorang sufi (actually…I was forget his name…) yaitu jenis-jenis manusia yang hidup di dunia. Beliau membaginya menjadi empat golongan.

Pertama adalah hayat bil hayat, yaitu manusia yang hidup dalam hidup. What does it mean? Manusia yang hidup dalam hidup adalah manusia yang menyadari betul untuk apa dia hidup. Dia akan cepat sadar dan bertaubat ketika menyadari telah berbuat dosa, cepat kembali ke jalan yang benar ketika tiba-tiba salah jalan dan tersesat. Manusia jenis ini bermanfaat bagi manusia yang lain semasa hidupnya. Orang akan senang berada di dekatnya dan akan merasa kehilangan ketika dia tiada.

Kedua adalah hayat bil maut, yaitu manusia yang hidup dalam kematian. Hmm, kira-kira siapa ya? Manusia jenis ini adalah dia yang dikenang ketika telah meninggal karena kebaikan atau buah dari pemikiran dan perbuatannya sehingga menjadi contoh bagi orang lain. Apa yang telah dia lakukan semasa hidup telah menjadi inspirasi banyak orang. Mereka yang telah meninggalkan dunia namun tetap dikenang sepanjang jaman.

Ketiga adalah maut bil hayat, yaitu manusia yang Apa pula ini? Manusia jenis ini adalah manusia yang masih hidup tapi tak tahu untuk apa dia hidup. Dia suka bertindak sekehendak hatinya, tanpa pernah menyadari kesalahan karena hatinya telah mati. Dia sama sekali tak bermanfaat bagi orang lain, bahkan orang mengutuk kehidupannya.

Keempat adalah maut bil maut, yaitu manusia yang mati dalam kematian. What are they? Ini adalah jenis manusia paling buruk, selain hidupnya yang telah mengganggu hidup orang lain, sampai mati pun orang tetap mengutuknya. Semasa hidup tak pernah sedikitpun bermanfaat bagi orang lain, bahkan ketika mati pun menyusahkan orang lain. Di alam kematian dia tak mendapat sedikitpun kebaikan, justru siksa yang menghampirinya.

Wallahu ‘alam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s