Internet Sehat Bikin Hebat

Ber-Facebook dengan Aman dan Nyaman

internet sehat dan aman depkominfo

  • Tak Sekedar Facebook

Siapa yang tak kenal Facebook? Rasanya dalam tiga tahun terakhir ini peminat situs jejaring sosial satu ini begitu membludak. Di Indonesia sendiri merupakan surga peminat Facebook. Tampilannya yang fresh dan berbagai fitur yang ditawarkan, yaitu menggabungkan tampilan akun, chat, dan kemudahan berkirim surat elektronik secara cepat. Begitu populernya sehingga mendongkrak popularitas situs Friendster yang telah lebih dulu dikenal oleh pemakai situs jejaring sosial.

Kondisi ini tak pelak memaksa pihak Friendster untuk

lebih berinovasi terhadap produknya. Sehingga kini Friendster hadir dalam tampilan lebih segar berwarna hijau cerah plus logo baru. Fitur-fitur dalam situs juga disempurnakan, misalnya teman-temannya bisa langsung mengomentari status layaknya Facebook. Hal ini yang kemudian mengembalikan ‘pesona’ Friendster itu sendiri, meskipun kini pengguna internet masih lebih tertarik pada situs semacam Facebook, Twitter, atau Plurk.

Facebook menjadi begitu fenomenal karena dianggap sebagai satu-satunya layanan jejaring sosial yang tak sekedar menghubungkan, tapi juga mampu mempertemukan dua atau beberapa orang yang sudah lama tidak bertemu. Memakai Facebook menjadi sangat nyaman karena dalam waktu bersamaan kita tak perlu membuka perangkat messenger dan akun e-mail kita sekaligus. Dengan Facebook kita tetap bisa chat dengan teman atau mengirim ‘pesan rahasia’ kepada teman.

Catatan Facebook juga terkadang terasa lebih praktis daripada blog, meskipun fitur yang disajikan cukup sederhana dan tak selengkap blog. Namun, ketika kita ingin berbagi tulisan dengan orang lain, kita cukup menandai nama mereka pada tulisan kita dan mereka akan mendapat pemberitahuan dalam dinding Facebook mereka. Dengan ini kita tak perlu berjam-jam blogwalking hanya untuk mempromisikan blog kita. Namun bagi penikmat blog, tentu fasilitas ini terbilang minim dan kurang menarik. Tak seperti Friendster yang membeli lisensi wordpress untuk domain blog yang mereka sediakan. Fiturnya nyaris sama dengan blog di wordpress. Hanya saja, Facebook menyediakan cara lain untuk mengatasinya, kita bisa mengirimkan tautan blog pada beranda Facebook agar teman-teman mengunjungi blog kita, sehingga promosi blog menjadi lebih praktis.

 

  • Anak Muda dan Facebook

internetanak

Sebagian besar penikmat Facebook adalah anak muda, mulai dari pelajar SMP hingga mahasiswa. Sebagian orang tua hanya menggunakan Facebook sebagai sarana nostalgia. Para pelaku usaha memanfaatkan Facebook sebagai sarana iklan dan promosi produk mereka, mengingat begitu populernya Facebook bisa menjadi ajang pemasaran produk yang cukup menjanjikan.

Faktor keamanan yang disediakan Facebook ternyata belum cukup untuk membatasi pengguna situs ini. Meskipun Facebook telah membatasi umur, namun dalam kasus tertentu ditemukan akun Facebook seorang murid SD, tentu dengan memanipulasi tahun lahir misalnya. Pemalsuan data pengguna menjadi satu kelemahan Facebook mengingat banyaknya fitur dan fasilitas yang ada di Facebook, semacam game online atau iklan-iklan yang sebenarnya diperuntukkan bagi orang dewasa. Terkadang anak SD sudah ikut perbincangan dengan teman-temannya yang sudah dewasa, atau membaca status-status yang belum layak untuk mereka baca.

Sebagian besar anak-anak membuat akun Facebook hanya tertarik pada layanan game online yang disediakan, selebihnya mereka tak begitu paham cara menggunakan Facebook. Jika dilihat di warung-warung internet, setiap kali jam pulang sekolah akan dapat kita temukan anak-anak yang duduk manis di depan monitor menikmati permainan game online. Pertama kali mencoba satu jam saja. Besok sudah berani dua jam, begitu seterusnya hingga mereka tahan berjam-jam di sana. Diperlukan pemahaman dan pengetahuan orang tua tentang internet agar mampu berperan dalam menjaga anak-anaknya ketika memakai internet.

 

  • Hitam Putih Facebook

 

Berbagai kasus sempat menyeret Facebook sebagai media yang patut dipersalahkan, seperti kasus penculikan anak, pelecehan seksual, hingga penghinaan terhadap suatu agama atau kelompok tertentu. Misalnya kasus penghinaan terhadap Nabi Muhammad saw, yang kemudian memaksa pihak Pakistan membuat situs tandingan bernama millatfacebook.com.whitehat blackhat facebook

Namun, di balik segala kekurangannya, situs buatan Mark Zuckerberg ini juga dimanfaatkan sebagai media dakwah. Lahirnya grup-grup semacam Yuk Shalat Dhuha, atau Pecinta Shalat malam dimanfaatkan untuk menyebarkan ajaran-ajaran islam, sehingga diharapkan mampu meminimalisasi pengaruh buruk dari Facebook.

Seperti halnya media jejaring sosial yang telah lebih dulu ada, Facebook hadir dengan segala fitur dan layanan yang ditawarkan. Tak bisa dipungkiri, Facebook juga bisa memberikan pengaruh negatif disamping segala manfaat yang diberikan. Agar kita sehat dan aman, sebaiknya tidak berlebihan dalam ‘mengkonsumsi’ Facebook setiap hari, atau dipakai sebagai selingan di waktu luang bernostalgia bersama teman-teman. Sesuai pada tujuan awal Facebook, yaitu membantu kita terhubung dan berbagi dengan orang-orang dalam kehidupan kita.

7 thoughts on “Internet Sehat Bikin Hebat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s