Tanggap teknologi atau Gagap teknologi

Istilah teknologi sudah tak asing lagi karena dalam kehidupan sehari-hari pun kita selalu menggunakan hasil dari teknologi. Sebenarnya teknologi sudah dikenal sejak manusia pertama hadir di bumi, hanya saja mungkin teknologi yang mereka gunakan cukup sederhana, namun biasanya menjadi pelopor sebuah penemuan yang akhirnya dapat dikembangkan hingga sekarang, misalnya saja penemuan roda, katrol, dan sebagainya.

Penemuan demi penemuan serta pengembangan teknologi begitu pesat, apalagi ditunjang dengan perkembangan teknologi komputer dan internet. Sehingga muncullah apa yang kita kenal dengan Teknologi Informasi. Dimana informasi dapat sampai ke hadapan orang-orang di seluruh dunia hanya dengan satu kali ‘klik’.

Jika dulu kita kenal orang yang buta huruf adalah orang yang tidak dapat membaca dan menulis, maka dalam era digital ini sebutan buta huruf mengarah pada orang-orang yang tak mampu menggunakan teknologi informasi, seperti misalnya tidak dapat mengoperasikan komputer. Dan akhirnya muncul jargon ‘tanggap teknologi’ sebagai lawan dari Azis Gagap. Ups, maksudnya ‘gagap teknologi’ bukan teknologi gagap… 

Era teknologi dan informasi yang serba digital sekarang ini menuntut setiap orang untuk mampu menggunakan teknologi ini. Penggunaan komputer telah mendominasi setiap pekerjaan kita. Di setiap kantor telah menggunakan teknologi mySQL dan php sebagai LAN data. Dan yang menjadi pertanyaan, siapkah kita dalam pertarungan era digital kali ini?

Rasanya istilah tanggap teknologi masih kurang pas jika diartikan sebagai orang-orang yang telah mampu memanfaatkan teknologi, termasuk teknologi informasi. Bahkan, mereka justru masih ‘gagap’ dalam memanfaatkan teknologi.

Bagaimana tidak, lihat saja remaja-remaja atau anak-anak yang mengenal komputer dan internet, jika tidak diarahkan dengan benar maka yang terjadi adalah mereka menjadi gagap dalam memakai komputer dan internet ini. Mereka hanya tahu bahwa komputer hanya untuk mengetik dan main game saja, dan internet hanya berfungsi untuk browsing atau game online. Akhirnya, teknologi itu tidak maksimal manfaatnya. Yang paham jaringan online akhirnya ya hanya sibuk fesbukan saja, atau chatting sepanjang hari.

Tidak adanya pengawasan pun menyebabkan mereka jadi begitu bebas dalam pemakaian internet. Situs-situs yang ‘tak berkenan’ dan ‘hangat’ menjadi santapan anak-anak sekolahan ini. Jangankan anak-anak, orang dewasa pun akan betah berjam-jam di depan layar komputer hanya untuk membuang-buang waktu.
Jadi apa sebenarnya yang perlu dibenahi? Karena makna tanggap teknologi saat ini justru berlaku kebalikan, mereka jadi gagap dalam memanfaatkan teknologi.

Hah, sebenarnya saya juga tak begitu paham mengenai teknologi. Tapi bagi saya, teknologi informasi sangat berguna dalam membantu setiap pekerjaan kita. Kita bisa mengetahui berita terbaru, informasi terkini, ataupun mencari sumber data melalui teknologi informasi semacam internet. Dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang yang bahkan kita tidak mengenalnya sekalipun. Hanya saja, optimalisasi dan efektifitas penggunaan teknologi, terutama internet harus diawasi penggunaannya. Jika tidak, kita hanya membuang-buang waktu dengan hal yang hanya ‘omong kosong’ dan tidak berguna. Padahal seharusnya waktu itu bisa kita gunakan untuk hal-hal lain yang sangat berguna. Tidak lagi saya jumpai anak muda yang sibuk menyerut bambu untuk dijadikan sebuah karya, yang ada hanya anak muda yang sibuk senyum-senyum sendiri dengan laptop-nya. Sungguh disesalkan jika hal ini terjadi.

One thought on “Tanggap teknologi atau Gagap teknologi

  1. Kemaren di rental komputer ada mahasiswa yang lagi ngerjain skripsi nanya..”mas cara masukin gambar gimana ya?”

    Yaaa ampunnn parah gapteknya…keliatan banget ga pernah ngerjain tugas ckckckckck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s