Terpaksa saya harus bayar Rp 1.500

Siang itu, gerimis turun begitu ritmis sebagai butiran-butiran kecil yang halus melayang dari langit Pasar Baru, menjatuhi batu, daun-daun, jalan raya, dan hangatnya kepalaku. Hari ini aku akan ujian dihari kedua.

Sesampai di halte, tak nampak ekor bus kampus di sana. Sementara bus terakhir yang ada di sana sudah melaju menuju kampus, membawa mahasiswa yang rata-rata beratnya bertambah tiga ons karena berisi sebuah buku yang dipaksa masuk ke dalam kepalanya malam tadi, berharap setiap lembar halaman buku itu akan keluar saat menjawab soal ujian.

Deretan bangku halte basah oleh air hujan, sebagian kotor karena ulah mahasiswa ‘sableng’ yang seenaknya nogkrong di sana. Padahal sepatunya baru saja menginjak ‘cik jawi’. Kulepaskan jaket yang melindungi baju putihku dari tetesan hujan. Aneh, gerimis seperti ini tapi cuaca hangat sekali.

Lima menit berlalu, tak jua nampak bus yang datang. Sementara calo sudah berteriak lantang di seberang jalan, “Kampus… Kampus… Kampus… Kampus…!” Melirik jam, mencoba untuk tidak tergiur godaan itu. Namun, jam 13:15 sudah mengusik kesabaranku. Kulangkahkan kaki (dengan terpaksa) ke seberang jalan, menghampiri benda hijau segar yang begitu menggoda itu, mencoba merelakan uang seribuan harus lenyap dari kantung celanaku.

Dipersilakan aku duduk di depan, disamping stokar. Ya, ampun. Orang ini bau sekali, mungkin lembab bajunya karena air hujan dan campuran keringat itu penyebabnya. Wah, tambah mual rasanya. Berusaha untuk tidak tersenyum sedikitpun, dan angkot melaju ke kampus. Sepanjang jalan, menakar waktu. Apakah akan terlambat masuk atau tidak…

Akhirnya, sampai sudah. Gedung F di depan mata. Kusodorkan pecahan dua ribuan, dikembalikan kepingan lima ratus rupiah. “Ha, sabana se lah. Biaso sibu nyeh…!” Ndeh, lah naiak pulo ongkos angkot Pasar Baru – Kampus Unand (jadi-jadian) ko. Dasar…! oportunis…s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s