Perbuatan kecil yang berpengaruh besar

1. Mencuci piring
Bagi sebagian orang, pekerjaan ‘biasa’ ini tak begitu dihiraukan, bahkan sengaja mengacuhkan. Bagi yang tinggal bersama mungkin hanya akan melakukannya jika sedang kebagian jatah piket. Itupun terkadang ala kadarnya saja, piring tidak ditempatkan di raknya, atau bercampur dengan mangkok, dan gelas plastik dicampur dengan cangkir dan gelas kaca.

Orang tua-tua kita dahulu pernah berkata bahwa mencuci piring adalah pekerjaaan dasar, baik itu untuk rumah tangga atau pekerjaan umum lainnya. Jika hal sekecil mencuci piring saja sudah tidak beres, bisa diibaratkan dia tidak akan pernah beres mengerjakan sesuatu. Mungkin dikerjakan dengan tergesa-gesa, ada yang tertinggal, atau bisa saja salah mengerjakan.

2. Merapikan sandal

Hmm… Bagi sebagian orang, terkadang hal ini tidak begitu diperhatikan. Sandal bertebaran, bertumpuk di sana sini. Sehingga ketika akan memakainya akan bingung setengah mampus karena yang sebelah hilang entah kemana. Pekerjaan ‘kecil’ ini sebenarnaya tak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Merapikan sandal agar orang lain dapat dengan mudah memakainya tentu akan mendapatkan keuntungan tersendiri bagi yang melakukannya. Selain bagian ‘pahala’ dari Tuhan, tentu saja kita akan mendapat pandanganbaik dari orang lain. Tak usah dipedulikan orang-orang yang kemudian memanfaatkan kita sebagai ‘babu’, asal ikhlas dan berharap balasan hanya dari Allah, maka kita akan dengan senang hati melakukannya.

3. Memungut sampah dan membuang sampah pada tempatnya
Wah, saya rasa sedikit sekali orang yang menyadari hal ini. Jangankan untuk samapah orang lain, bahkan sampahnya sendiri pun dia buang sembarangan. Bagaimana jika di tengah perjalanan di amendapati sampah yang tergeletak di dekat tong sampah, apakah dia akan berhenti sejenak untuk memungut sampah itu dan membuangnya ke tong sampah? kalah sama adik kecil kita ini….

Pekerjaan ‘kecil’ ini ternyata berdampak sangat besar sekali bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar. Terkadang orang begitu memudahkan segalanya, berhubung sedang berkendara, dia buang saja sampah dari jendela. Atau malas untuk keluar, sampah dilempar saja dari jendela kamar.
Salah satu problema yang dihadapi sebagian besar masyarakat kita adalah banjir. Mereka akan merutuki siapa saja yang dia anggap bersalah, nggak nyadar kalau dia juga bersalah. Kapan ya negeri kita ini sepeti Singapura, buang sampah sembarangan kena denda 5.000 dollar.

4. Menyingkirkan batu, duri, atau sampah di jalan

Sudah pasti perbuatan ‘kecil’ yang baik sangat bermanfaat bagi siapa saja. Tak perlu sungkan untuk memungut lalu menyingkirkan ke sisi jalan. Mempermudah orang lain kan pahala juga..(ssttt..nggak usah diomongin..he he)

5. Merapikan koran atau buku

Kadang surat kabar tergeletak begitu saja seketika setelah selesai dibaca. Kadang terkulai malas di bawah meja televisi, tersampir di kursi, atau bertumpuk begitu saja di sudut ruangan.
Pun buku-buku terkadang berserakan begitu saja, hanya butuh sebuah ‘sentuhan’ kecil untuk melakukan hal baik ini. Dan memang tek perlu terlihat orang, paling tidak pelakunya sudah mendapat prediket baik bahwa dia menyukai kerapian. Begitu teman-teman…

6. Meletakkan gayung di kamar mandi

Ini sangat sepele sekali, betapa setelah kita selesai menunaikan hajat kita di ‘kamar mandi’ gayung diletakkan begitu saja. Kadang dilempar saja ke dalam bak mandi, atau diletakkan sekenanya di bibir bak mandi.
Ini ternyata berkenaan dengan etika dan perilaku kita. Terkadang bisa dikaitkan bahwa mungkin bahwa meletakkan gayung sekenanya menyiratkan bahwa pelakunya adalah orang yang acuh, tak begitu peduli dengan hal sekitar.

Tapi mungkin beberapa hal masih bisa ditolerir, bisa saja mereka begitu tergesa-gesa, lupa, atau alasan lain. Setidaknya membiasakan hal ‘kecil’ ini dapat berdampak pada sikap kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s