Delapan kebiasaan baik

Beberapa kebiasaan baik yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan ini terkait dengan gaya hidup sehat yang Rasulullah telah contohkan. Kebiasaan ini tak semata-mata hanya untuk jasmani saja, namun akan mempengaruhi kondisi spiritual kita. Seperti kata pepatah, “mensana in corpore sano/di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Dengan tubuh yang sehat, tentu kita dapat dengan nyaman dalam melakukan ibadah dan kegiatan kita yang lain, terhindar dari penyakit, dan mengurangi biaya kesehatan kita. Kebiasaan in dapat dengan mudah kita lakukan dan seiring waktu akan menjadi gaya hidup.

Kebiasaan tersebut adalah:

1. Bangun di pagi hari
Bangun di pagi hari bagi sebagian orang adalah sebuah keberatan karena hangatnya selimut dan empuknya kasur masih begitu menggoda, sehingga enggan untuk beranjak darinya. Tak berlebihan rasanya agama (islam) menyuruh agar kita bangun di waktu subuh, bahkan sebelum itu, waktu dini hari sekitar pukul empat pagi adalah waktu yang baik untuk bangun tidur. Di pagi yang dingin kita disuruh untuk langsung bersentuhan dengan air wudhu atau menghirup udara segar.

Tak hanya itu, dalam dunia kedokteran diketahui bahwa kebiasaan ini membawa manfaat yang cukup besar. Penelitian mutakhir dalam ilmu medis barat telah mengungkap manfaat kebiasaan bangun pada waktu subuh. Ditemukan bahwa pada dini hari sekitar pukul 03.00 sampai 05.00 terjadi proses detoksin (pembuangan zat racun) di bagian paru-paru. Oleh karena itu, biasanya selama durasi waktu ini penderita batuk akan akan mengalami batuk yang hebat. Ini karena proses pembersihan (detoksin) telah mencapai saluran pernapasan. Penelitian ini menegaskan bahwa penjagaan pola makan dan pengaturan aktivitas sesuai dengan waktu metabolisme tubuh sangat penting agar kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yagn tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.
Subuh merupakan waktu yang tepat untuk proses terapi sistem pernapasan pada rongga dalam paru-paru. Ini sesuai dengan waktu pagi hari karena pada saat itu udara masih bersih.

2. Tidak tidur setelah subuh
Banyak dari kita yang kembali memanfaatkan waktu setelah shalat subuh dengan tidur kembali hingga terbit matahari dengan berbagai alasan, biasanya karena malamnya begadang atau setelah melakukan pekerjaan yang berat seharian kemarin. Apapun alasannya ternyata tidur ini sangat tidak baik.
Tak perlu diragukan lagi apa yang telah dinasihatkan oleh orang tua-tua kita dahulu bahwa jika kita masih tidur sedang matahari telah terbit maka rejeki kita akan diambil ayam. Salah satu hadits nabi juga mengatakan bahwa tidur di pagi hari mencegah rizki. Bisa jadi rezeki itu adalah nikmat udara yang masih bersih yang kita dapatkan, ataupun dalam bentuk rezeki di dunia dalam bentuk uang. Banyak cerita dari orang-orang sukses bahwa semua itu mereka awali dari beraktifitas sejak setelah subuh.
Ada baiknya jika waktu ini kita manfaatkan untuk belajar, baik itu belajar Al Qur’an atau pelajaran di sekolah dan di kampus. Pada waktu ini otak kita sedang dalam keadaan fit dan ready untuk diajak belajar. Atau kita manfaatkan dengan bekerja, maka rezeki yang telah dijaminkan oleh Allah dapat kita peroleh dengan mudah.

3. Mandi dua kali sehari (pagi dan sore)
Berapa kalikah kita mandi dalam sehari? Jangan-jangan kita sengaja mengabaikan mandi jika kita bangun agak siang atau sedang libur.
Islam sangat mengajarkan kita agar mencintai kebersihan, baik itu kebersihan lahir ataupun batin. Kebersihan lahir dapat dijaga dengan mandi teratur, wudhu, dan sebagainya. Rasulullah lah yang mengenalkan mandi jauh sebelum peradaban Eropa yang dikatakan maju itu mengenal mandi, bahkan dalam sejarah disebutkan di Istana Catherine de Medici, istana raja-raja Spanyol, dan di istana versailles milik penguasa Perancis itu tidak memiliki kamar mandi.
Besarnya manfaat perintah Nabi Muhammad saw untuk mandi bagi kesehatan dan kebahagiaan seseorang dapat dilihat dari uraian Prof. Jamieson (1947), “Mencuci badan dan mandi sungguh bermanfaat, tidak saja untuk membersihkan, tetapi juga untuk menguatkan kulit dan menyegarkan badan serta merangsang alat-alat pencernaan dalam pertukaran-pertukaran zat. Menguatkan kulit adalah suatu keharusan yang penting sebab kulit yang kuat akan menangkal sejumlah penyakit, seperti pilek, radang tenggorokan, batuk, radang paru-paru, radang selaput paru-paru, dan TBC. Salah satu cara untuk menguatkan kulit adalah setiap hari membasahi atau menyapu kulit badan dengan air dingin. Rangsangan terhadap kulit secara langsung mempengaruhi urat-urat darah dan otot-otot kulit”.

Jadi mandi tak hanya sekedar ketika kita akan pergi ke kampus atau sekolah, atau pergi kondangan dan acara-acara lain. Mandi secara teratur dapat menguatkan sistem penangkal penyakit kita melalui kulit yang sehat.

4. Tidur siang selama satu jam
Istirahat di siang hari ketika menjelang zuhur atau setelah zuhur selama kurang lebih satu jam dapat mengistirahatkan tubuh untuk sejenak karena waktu zuhur adalah puncak kepenatan akibat aktivitas kita. Setelah melakukan shalat zuhur sebagai bentuk relaksasi, ditambah dengan tidur siang sejenak, maka tubuh akan kembali ke kondisi segar dan siap untuk beraktivitas kembali.
Nabi Muhammad saw juga memperbolehkan dan menganjurkan kita untuk tidur siang sejenak agar dapat bangun di waktu pagi dengan segar untuk melaksanakan shalat tahajud.

5. Makan tidak berlebihan
Salah satu kebiasaan baik yang akan memelihara tubuh yaitu makan secukupnya. Sesuai dengan anjuran Nabi, “Makanlah sebelum lapar dan sudahi sebelum kenyang”. Lambung dan alat-alat pencernaan kita bisa diibaratkan sebagai sebuah mesin yang jika diisi melebihi kapasitasnya akan mengalami kendala, bahkan kerusakan. Terkadang nafsu makan dan ambisi kita membuat kita ingin mengisi perut sampai kenyang. Padahal seyogyanya lambung tak hanya berisi makanan saja agar dapat dicerna dengan baik. Bahkan Nabi juga mengingatkan agar mengisi 1/3 perut kita dengan makanan, 1/3 udara, dan 1/3 lagi adalah air minum. Dengan komposisi ini perut kita dapat dengan mudah dan lancar untuk mencerna makanan kita. Berikut akibat jika salah satu komposisi ini tidak seimbang,
– Kelebihan air dalam lambung akan menyebabkan makanan terlalu cepat untuk dicerna lambung dan usus sehingga penyerapan sari-sari makanan menjadi tidak optimal karena terlalu cepat disampaikan ke saluran pembuangan
– Kelebihan makanan akan menyebabkan lambung menjadi macet dan pencernaan makanan memakan waktu lebih lama, tentu ini akan memberatkan kerja lambung dan usus akan kesulitan mengubah menjadi sari-sari makanan, lalu di saluran pembuangan sisa-sisa pencernaan tadi menjadi terlalu keras
– Kelebihan udara akan menyebabkan perut kita sebah dan kembung, yaitu kondisi tidak nyaman pada lambung seperti orang masuk angin. Pencernaan makanan menjadi tidak stabil karena kelebihan udara dalam saliran pencernaan akhirnya membuat kita menjadi sering buang angin dan bersendawa.

Makan terlalu banyak (sampai kenyang) tidak baik bagi tubuh, dan juga bagi alat-alat pencernaan kita. Terlalu banyak makan juga akan mendatangkan berbagai macam penyakit.

6. Tidak tidur setelah ashar
Waktu setelah ashar ini sangat begitu menggoda bagi kita untuk beristirahat (dalam artian tidur) karena letih dan tidak sempat tidur siang. Namun, ternyata tidur ini tidak sehat dan tidak disukai oleh Rasulullah.
Rasulullah melarang kita tidur setelah ashar karena akan menyebabkan malas dan tubuh menjadi lemas sehingga membuat kita terkadang melewatkan shalat maghrib karena malas untuk bangun. Nabi menyuruh kita agar pada waktu-waktu menjelang maghrib dengan memperbanyak zikir dan mengingat Allah karena pada waktu itu setan mulai bergerak untuk menggoda manusia-manusia.
Ada baiknya waktu ini kita manfaatkan untuk berjalan-jalan atau beristirahat (tapi tidak tidur) dengan membaca buku atau menyiram bunga. Menurunnya suhu pada waktu ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan relaksasi untuk menyegarkan tubuh dan pikiran kita dari kepenatan sembari menunggu waktu maghrib tiba.

7. Minum air delapan gelas sehari
Konsumsi ini tak sekedar untuk menghilangkan haus, tapi juga memenuhi kebutuhan tubuh akan air setelah kehilangan air dari tubuh sewaktu beraktifitas, baik itu melalui keringat atau air seni. Dengan pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh, darah juga dapat dengan lancar membawa sari makanan dan oksigen serta membuang sisa-sisa makanan melalui penyaringan di ginjal. Kerja ginjal akan mudah karena peredaran darah lancar.

Kekurangan konsumsi air biasanya akan mengganggu kinerja ginjal, biasanya ditandai dengan sakit di daerah pinggang bagian bawah (tepat di dekat ginjal) atau pegal di sekitar tengkuk dan bahu, serta membuat kita sering kesemutan karena peredaran darah terganggu. Darah memerlukan kondisi yang encer agar dapat dengan mudah melalui pembuluh darah di seluruh tubuh.
Kekurangan air akan menyebabkan tubuh kita mengalamai dehidrasi. Kondisi ini akan membuat tubuh kita menjadi lemah dan ion-ion tubuh berkurang.

Konsumsi air yang cukup juga akan membuat kulit kita terlihat cerah dan lembab, membuat kita terlihat awet muda. Air juga akan melarutkan kotoran-kotoran di wajah kita sehingga konsumsi air secukupnya dapat membuat wajah kita bersih tanpa harus facial mahal di salon.

8. Tidur malam selama enam sampai delapan jam.
Istirahat malam selama kurang lebih enam jam telah cukup untuk membuat tubuh kita rileks sehingga ketika bangun kita dalam keadaan fit dan segar. Kekurangan waktu istirahat biasanya akan berakibat ketika kita bangun, biasanya dengan keadaan kuyu, mata kering dan perih, dan terasa malas sekali untuk beranjak dari tempat tidur. Sementara kantung mata kita akan bertambah hitam dan tebal. Tentu keadaan ini akan sangat tidak nyaman, terutama bagi remaja putri yang akan mengganggu penampilan mereka.
Tidur dangan waktu yang cukup juga membuat tubuh kita dapat reload dengan sangat baik. Jika kekurangan tidur, maka kondisi tubuh kita yang belum fit akan bertambah penat karena tubuh belum sempat berada dalam kondisi 100%. Hal ini tentu akan mempengaruhi stamina untuk beraktifitas hari ini.

Demikian beberapa kebiasaan baik yang jika dilakukan akan membawa kesehatan bagi tubuh kita. Sebagian merupakan kebiasaan yang snagat sulit untuk dilakukan, namun dengan membiasakan diri maka menjadi dengan mudah dan kita senang hati untuk melakukannya.

Sumber:
Keajaiban Shalat Menurut Ilmu Kesehatan China. Lukman Hakim Setiawan, Bandung : Mizania. 2007
Shalat is fun. Doel Wahab, Bandung : Dar Mizan. 2005

5 thoughts on “Delapan kebiasaan baik

  1. sangat bermanfaat…. akan lebih bermanfaat bila ditambah kebiasaan2: tahajut, dan puasa sunah. Bukankah itu juga bermanfaat dari segi kesehatan? Thx.
    Salam hangat….

  2. thanks in advance…

    ini hanya kebiasaan kecil diluar aktivitas ibadah, namun terkadang hala sekecil ini juga disepelekan..semoga untuk tulisan selanjtnya bisa ditambahkan..’

    salam 🙂

  3. tia says:

    syukron ya infonya…..sanagt brmanfaat sekali bagi tya..
    oia tya mau brtanya..
    apakah benar bahwa rosululloh mandi pada jam sekitar jam 2 sam pai 4 atou waktu yang subuh….karena katanya itu dapt menguatkan tulang…mhon jawabannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s