Pertamini

 

Jika anda adalah pengguna kendaraan bermotor roda dua semacam sepeda motor ataupun yang berkaki, eh…beroda empat (mbeek) seperti mobil pribadi ataupun mobil pinjaman, tentu anda tahu apa itu Pertamina. Biasanya tulisan itu ada di depot-depot pengisian bahan bakar umum alias SPBU karena memang hanya itu pemasok minyak di deluruh persada nusantara Indonesia Raya ini.

Jika kita pernah belajar atau pernah tahu bahwa Pertamina adalah singkatan dari Perusahaan Tambang Minyak Indonesia (hanya menambang, tidak mengolah), maka yang ini saya kesulitan untuk menemukan kepanjangannya. Pertamini, Perusahaan Tambang Minyak Mini…hahaha

DSC00015

Gambar : Pertamini di dekat Gerbang Unand

Mungkin saja maksud si empunya adalah Pertamina skala kecil atau mini, maka diadopsi saja Pertamina menjadi Pertamini. Depot-depot seperti ini bisa di jumpai di beberapa daerah di Sumatera Barat.

Objek dalam foto ini saya ambil di sekitar gerbang Universitas Andalas Kampus Limau Manis, dan bukan satu-satunya. jika anda berjalan-jalan di kota Padang, maka anda bisa menemukan depot serupa di pinggir-pinggir jalan.

Sistem yan digunakan sangat sederhana dan manual sekali. Di dalam boks ada semacam wadah penampungan seperti drum besar, memanfaatkan pompa engkol yang lazim ditemukan di stasiun pembagian minyak tanah, dan sebuah tabung transparan berskala liter.

Cara kerjanya, biasanya tabung kaca itu hanya mampu menampung paling banyak lima liter saja. Maka, ketika ada pelanggan, petugas jaga akan mengengkol minyak agar tertampung di tabung kaca sejumlah pesanan ataupun hingga memenuhi tabung kaca. Lalu disorongkan pipa panjang dengan sistem tutup-buka yang sederhana untuk menuangkan minyak ke tangki motor pelanggan sesuai permintaan.

Sederhana sekali bukan? Tapi sangat cukup digemari oleh masyarakat, apalagi para mahasiswa yang rata-rata hanya mengisi sebanyak satu atau dua liter saja. hehe…

About these ads

2 thoughts on “Pertamini

  1. pertamina itu gabungan dari pertamin dan permina, perusahaan pertambangan jadul milik republik, dan bukan singkatan apa2.

    pertamina tidak cuma menambang, tapi juga mengolah. beberapa depot menghasilkan solar, premium, pertamax, dan bahan2 kimia dari crude (minyak mentah).

    pertamina bukan satu2nya pemasok minyak atau bbm di persada nusantara. ada shell, total, petronas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s